KAPAN SAATNYA REKONDISI "CVT" ?
CVT (Continues Variable Transmission) adalah bagian yang berperan penting pada sepeda motor matic. CVT merupakan penghubung tenaga mesin dengan roda bagian belakang.Komponen koponen yang terdapat pada CVT cukup banyak dan memiliki tingkat keausan yang berbeda-beda, berikut rekondisi yang bisa dilakukan bagi anda yang memilki sepeda motor matic.
1. Roller, yang terdiri-dari 6 pcs. Lakukan penggantian secara berbarengan setiap 10.000 KM, Roller yang mengalami keausan biasanya sudah tidak bulat lagi dan biasanya keausannya terjadi berbarengan.
2. Belt, penguhubung bagian pully depan dengan pully belakang. Lakukan penggantian saat sepeda motor anda telah menempuh 20.000 KM.
3. Penggantian gemuk CVT/grease, penggantian gemuk diikuti dengan penggantian seal pully sekunder dan oring pully sekunder (lihat gambar kiri atas). Seal pully dan oring pully berfungsi sebagai penyekat grease/gemuk supaya tidak keluar dari area pully sekunder.
4. Kanvas ganda, keausan kanvas ganda biasa terjadi pada 30.000-50.000 KM, jika kanvas ganda mengalami keausan biasanya berimbas pada tenaga mesin.
5. Rumah kanvas ganda, lakukan penggantian berbarengan dengan penggantian kanvas ganda. Jika mengganti kanvas ganda perhatikan pula damper/karet dan clip pemegang kanvas ganda, jika perlu lakukan penggantian
6. Rumah Roller,lakukan pengecekan di bagian bos dan rumah roller apakah sudah longgar atau belum,biasanya setelah menempuh jarak 25.000 KM akan mengalami keausan dengan terdengarnya bunyi di bagian depan CVT.
7.Pada bagian rumah roler terdapat cam rumah roler dan slider,lakukan pemeriksaan pada bagian ini, sehingga pergerakan roller dapat bekerja dengan sempurna
Eko Yulianto
- Blogger Comment
- Facebook Comment
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
0 comments:
Post a Comment