.

MENGENAL SENSOR-SENSOR PGM-FI HONDA



Apa itu PGM FI ? PGM FI memiliki kepanjangan Programmed Fuel Injection

PGM FI adalah sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi control secara elektronik yang mampu mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara optimal dan disesuaikan dengan kebutuhan beban mesin.

Jadi bahan bakar dari tangki disalurkan ke injektor secara bertekanan, selanjutnya sensor-sensor memberikan inputan (informasi) kepada ECM (Engine Control Module) terhadap kondisi mesin. Kemudian ECM memerintahkan injector untuk menyemprotkan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin.

Sensor-sensor apa saja yang berperan pada inputan ke ECM : 
  • Sensor CKP (Crankshaft Position)

Sensor CKP berfungsi mendeteksi putaran mesin dan sudut crankshaft , kemudian informasi ini diproses oleh ECM untuk mengontrol jumlah dan waktu penginjeksian bahan bakar.
  • .          Sensor EOT (Engine Oil Temperatur) pada sepeda motor yang tidak menggunakan radiator dan Sensor ECT (Engine Coolant Temperatur) bagi sepeda motor yang menggunakan radiator Fungsi dari sensor EOT atau ECT ini mendeteksi suhu mesin, kemudian informasi ini diproses oleh ECM untuk mengontrol jumlah dan waktu penginjeksian bahan bakar sesuai dengan suhu mesin.
  • .        Sensor O2 (Oksigen sensor)

Sensor ini berfungsi mendeteksi konsentrasi oksigen yang dikandung di dalam gas buang kemudian informasi ini diroses oleh ECM untuk mengontrol jumlah dan waktu penginjeksian bahan bakar yang tepat.
  • .       Sensor TP (Throttle Position)


Berfungsi mendeteksi sudut bukaan Throttle Valve (katup kupu-kupu) kemudian informasi ini diproses oleh ECM untuk mengontrol jumlah an waktu penginjeksian bahan bakar sesuai sudut bukaan Throttle valve.

Sumber : Buku Pandua PGM FI AHM
Share on Google Plus

About bongkarmetic

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment