Accu, saya sebut aja aki y, memiliki peranan yang sangat penting bagi sepeda motor matic . Aki digunakan sebagai pensuplai listrik utama ke motor stater ketika awal kita berkendara.
Di beberapa motor matic jika aki mengalami drop voltage (voltage kurang dari 12 volt) maka motor akan sulit untuk dihidupkan,walaupun menggunakan kick stater atau engkol ini sering dialami pengguna sepeda motor matic mio J/GT/soul GT
Aki sepeda motor memiliki voltage 12 volt, perbedaannya hanya pada bentuk ukuran dan besarnya Ampere yang tertera pada badan accu. Seperti 12 volt 3,5 Ah ; 12 volt 4 Ah ; 12 volt 6 Ah. Jadi setiap keluaran motor memiliki kebutuhan ampere yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan sistem pengisian dan kebutuhan kelistrikan yang diampu sepeda motor tersebut.
Jenis aki terdiri-dari 2 jenis, yaitu aki basah dan aki kering dalam istilah kita, namun yang sebenarnya adalah terdiri-dari 2 jenis yaitu aki MF dan non MF. MF artinya maintenance free, jadi aki MF itu adalah aki yang tidak memerlukan perawatan berkala, aki MF setelah dipasangkan di sepeda motor tidak perlu dilakukan perawatan dengan menambah air akinya, sebab air akinya sudah ada di dalamnya dan tidak menguap keluar melainkan hanya bersirkulasi di dalam aki. Sedangkan aki non MF harus dilakukan perawatan sebab air akinya dapat berkurang dan harus ditambahkan ketika air akinya berkurang.
EY
- Blogger Comment
- Facebook Comment
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
0 comments:
Post a Comment